Minggu, 15 Mei 2016

7 Siluman Terkuat Di Dunia



Siluman (Demon) dalam berbagai cerita rakyat adalah makhluk halus atau monster yang tinggal dalam komunitas yang menempati suatu tempat dan mampu menyerupai manusia. Mereka melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari layaknya manusia biasa dan mereka juga mengenal peradaban. Siluman dapat berasal dari makhluk hidup atau benda yang mendapatkan kekuatan sihir atau kutukan dari Dewa atau Tuhan, dan ada juga yang berasal dari Dewa atau malaikat yang dihukum turun ke dunia..Pertemuan antara manusia dengan siluman seringkali menjadi bagian dari cerita-cerita misteri yang digemari. Berikut ini adalah siluman terkuat dari mitologi dan legenda dunia menurut conqueror-kingdom:


 
 
7. Werewolf atau Manusia Serigala

7 Siluman Terkuat


Manusia serigala likantrof atau likan adalah sebuah mitos dari Eropa kuno berupa monster setengah manusia dan setengah serigala. Konon manusia serigala akan berubah pada saat bulan purnama tiba saat kekuatan mistiknya mencapai puncaknya. Dalam mitologi tersebut, manusia serigala senantiasa akan memburu manusia dan yang tergigit atau terkena cakarannya akan menjadi salah satu dari manusia serigala. Dikisahkan bahwa manusia serigala hanya bisa mati jika ditembak dengan peluru perak. Menurut mitos manusia serigala awalnya budak Drakula, tetapi memberontak dan menjadi musuh bebuyutan.

 
6. Drakula


7 Siluman Terkuat Di Dunia

Drakula adalah vampir atau siluman kelelawar  penghisap darah yang merupakan tokoh utama fiksi ciptaan Bram Stoker dalam novelnya Dracula yang diterbitkan pada tahun 1897 dan selanjutnya menjadi mitos. Drakula adalah seorang bangsawan vampir yang diceritakan berasal dari kota Transilvania yang berada di Rumania. Kelemahan Drakula ialah bawang putih, salib dan roti sakramen. Dia lebih lemah pada siang hari namun sinar matahari tidaklah terlalu berbahaya baginya. Dalam legenda, drakula senantiasa akan memburu manusia dan yang tergigit akan menjadi salah satu dari budaknya. Dalam mitos dia digambarkan lelaki muda yang tampan dan selalu menghipnotis para wanita.



5. Medusa

7 Siluman Terkuat Di Dunia
 

Medusa adalah makhluk mitologi Yunani yang berwujud seorang wanita cantik dengan ular sebagai rambutnya. Siapapun yang menatap langsung pada matanya akan berubah menjadi batu. Medusa tewas dibunuh Perseus yang kemudian menggunakan kepalanya sebagai senjata sebelum diberikan kepada Athena untuk ditempatkan pada perisai Aigis. Tiga Gorgon (Medusa, Stheno dan Euriale) adalah anak dari dewa laut kuno Forkis dan adiknya Keto. Stheno dan Euriale diceritakan sebagai makhluk abadi, sedangkan Medusa tidak. Oleh karena itu, Medusa dapat dibunuh oleh Perseus. Medusa pada awalnya adalah seorang perawan cantik, dan merupakan pendeta wanita di kuil milik Athena. Namun suatu ketika ia diperkosa oleh Poseidon di dalam kuil Athena. Hal ini membuat Athena marah, ia pun mengubah rambut Medusa menjadi ular dan mengutuk Medusa sehingga siapapun yang melihat matanya, akan menjadi batu.
 

4. Ratu Laut Selatan (Samudra Hindia)

7 Siluman Terkuat Di Dunia

Ratu Laut Selatan adalah sebutan yang pada umumnya merujuk pada dua tokoh, yaitu Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul. Ratu Laut Selatan adalah tokoh legenda yang sangat populer di kalangan masyarakat Pulau Jawa dan Bali. Kepercayaan akan adanya penguasa lautan di selatan Jawa (Samudera Hindia) terutama dikenal oleh suku Sunda dan suku Jawa. Orang Bali juga meyakini adanya kekuatan yang menguasai pantai selatan ini. Kedudukan sebagai Ratu-Lelembut tanah Jawa menjadi motif populer dalam cerita rakyat dan mitologi, selain juga dihubungkan dengan kecantikan putri-putri Sunda dan Jawa. Dan terkadang digambarkan berwujud putri duyung dengan tubuh bagian bawah berwujud seekor ular atau ikan terkadang pula digambarkan sebagai wanita yang amat cantik.



3. Siluman Rubah Ekor Sembilan

 
7 Siluman Terkuat Di Dunia
Su Daji, ratu jahat jelmaan siluman rubah berekor sembilan

Dalam cerita rakyat Jepang disebut kitsune, di Korea, makhluk ini disebut kumiho, di Tiongkok disebut Huli jing. Siluman rubah yang sering dijumpai dalam kisah-kisah dan legenda biasanya adalah wanita dan berwujud muda serta cantik. Rubah sering ditampilkan dalam berbagai cerita sebagai makhluk cerdas dengan kemampuan sihirnya yang semakin sempurna sejalan dengan semakin bijak dan semakin tua rubah tersebut. Beberapa cerita rakyat bahkan mengatakan ekor rubah hanya tumbuh kalau rubah tersebut sudah berumur 1.000 tahun. Dalam legenda rubah tertua memiliki 9 ekor. Selain itu, rubah mampu berubah bentuk menjadi manusia dan mampu menghipnotis dengan kekuatan sihirnya.
Menurut kisah Hokusai yang hidup di jaman Edo, Siluman Rubah Ekor Sembilan pertama kali muncul di cina pada masa Dinasti Shang dengan nama Daji lalu ia menjadi selir Raja Zhou. Siluman Rubah Ekor Sembilan mempengaruhi Raja dan membuat Raja menebar teror hingga menyebabkan pemberontakan yang mengakhiri dinasti Shang. Siluman Rubah Ekor Sembilan lalu melarikan diri ke Magadha dan Tianzhu (india kuno). Ia lalu berubah wujud serta mengganti nama menjadi Lady Kayö dan menjadi selir Putra Mahkota Hanzoku, karena terbukti telah memenggal 1000 kepala manusia, Siluman Rubah Ekor Sembilan pun dikalahkan dan melarikan diri. Sekitar tahun 780 sebelum masehi Siluman Rubah Ekor Sembilan kembali ke cina pada masa Dinasti Zhou. Ia merubah identitasnya lagi menjadi Baoshi dan menjadi selir Raja You namun Siluman Rubah Ekor Sembilan kembali diusir oleh para tentara. Pada tahun 753 masehi, Siluman Rubah Ekor Sembilan merubah wujudnya menjadi gadis usia 16 tahun bernama Wakamo yang kemudian menipu Kibi Makibi, Abe no Nakamaro, dan Jianzhen agar bisa menaiki kapal mereka yang sedang dalam perjalanan pulang ke Jepang. Dan kisah di atas menurut Hokusai berlanjut ke kisah Tamamo no Mae yang tidak kehilangan ingatannya serta yang memantrai Kaisar Konoe agar menjadi selirnya, walau banyak juga yang tidak setuju bahwa kisah diatas berhubungan dengan Kisah Tamamo no Mae.

2. Sun Go Kong

7 Siluman Terkuat Di Dunia

Sun Go Kong merupakan tokoh utama dalam legenda perjalanan ke barat mengambil kitab suci menemani pendeta Tong dalam perjalanan nya. Sun Go Kong amat gagah, senang sekali mengangkat tongkat sakti Ruyi Jingu Bang yang beratnya 13.500 kati (8.100 kg). Sun Go Kong adalah seorang pejuang mahir yang mampu melawan panglima-panglima hebat di kayangan. Dia juga menghafal berbagai mantra untuk menghembuskan angin, membelah air, menyulap lingkaran lindungan dari ancaman setan. Di dalam legenda Sun Go Kong menggelari dirinya sendiri sebagai Měi Hóuwáng (Raja Monyet Gagah) memantapkan kedudukannya sebagai salah satu siluman yang paling berkuasa dan berpengaruh. Sun Go Kong kemudian dikurniai dengan Kebuddhaan atas dedikasi kesetiaan dan kekuatannya.

1. Hanoman

7 Siluman Terkuat Di Dunia
Lukisan Hanoman versi Thailand. Diambil di Wat Phra Kaeo, Bangkok.
  
Hanoman atau Hanumat juga disebut sebagai Anoman, adalah salah satu dewa dalam kepercayaan agama Hindu, sekaligus tokoh protagonis dalam wiracarita Ramayana yang paling terkenal. Ia adalah seekor wanara (manusia kera) putih dan merupakan putera Batara Bayu dan Anjani, saudara dari Subali dan Sugriwa. kekuatannya setara dengan Bayu dan paling cerdas di antara para wanara. Tokoh Hanoman sebenarnya memang asli dari wiracarita Ramayana, namun dalam pengembangannya tokoh ini juga kadangkala muncul dalam serial Mahabharata, sehingga menjadi tokoh antar zaman. Dalam mitologi Hindu dianggap sebagai dewa karena kekuatan dan keberaniannya. Di India, hanoman dipuja sebagai dewa pelindung dan beberapa kuil didedikasikan untuk memuja dirinya. Pada awalnya hanoman sewaktu masih kecil dianggap siluman kera karena membuat onar di tata surya dengan menelan matahari (dewa surya).








Tidak ada komentar: