Jumat, 14 Desember 2018

Senjata Kuno Terkutuk Di Dunia


Senjata terkutuk ternyata bukan hanya ada dalam komik atau cerita fiksi, seperti pedang terkutuk kitetsu dalam cerita komik one piece. Ternyata di dalam sejarah dunia juga ada senjata terkutuk, dan inilah beberapa senjata terkutuk dalam sejarah menurut conqueror-kingdom :



1. Katana Muramasa



Katana Muramasa


Sengo Muramasa adalah pembuat pedang dari Jepang kuno Zaman Muromachi atau zaman Keshogunan Ashikaga (sekitar 1338 - sekitar 1573). Berdasarkan legenda Muramasa yang berdoa agar pedangnya dapat menjadi "penghancur nomor satu". Karena pedangnya yang memiliki kualitas sangat tinggi, para Dewa mengabulkan keinginannya dan membuat pedang-pedang Muramasa dirasuki roh yang haus darah.

Dikatakan dalam kisah begitu pedang ini dikeluarkan dari sarungnya maka setidaknya ia harus mencicipi darah dan jika tidak maka akan membuat pemiliknya menjadi gila dan berubah menjadi pembunuh yang akhirnya bunuh diri. Banyak sekali kisah yang mengatakan pemilik pedang Muramasa dirasuki roh haus darah ini. Pedang Muramasa sendiri juga sering muncul dalam kebudayaan modern dalam kisah literatur dan berbagai media lainnya sebagai pedang yang sangat mematikan.


2. Keris Mpu Gandring


Keris Mpu Gandring adalah senjata pusaka yang terkenal dalam riwayat berdirinya Kerajaan Singhasari (1222 – 1292) di daerah Malang, Jawa Timur, Indonesia sekarang. Keris ini terkenal karena kutukannya yang memakan korban dari kalangan elit Singhasari termasuk pendiri dan pemakainya, Ken Arok.

Keris ini dibuat oleh seorang pandai besi yang dikenal sangat sakti yang bernama Mpu Gandring, atas pesanan Ken Arok, salah seorang tokoh penyamun yang menurut seorang brahmana bernama Lohgawe adalah titisan wisnu. Ken Arok memesan keris ini kepada Mpu Gandring dengan waktu satu malam saja, yang merupakan pekerjaan hampir mustahil dilakukan oleh para "mpu" (gelar bagi seorang pandai logam yang sangat sakti) pada masa itu.

Setelah selesai menjadi keris dengan bentuk dan wujud yang sempurna bahkan memiliki kemampuan supranatural yang konon dikatakan melebihi keris pusaka masa itu. Mpu Gandring akan menyelesaikan pekerjaannya membuat sarung keris tersebut. Namun sebelum sarung tersebut selesai dibuat, Ken Arok datang mengambil keris tersebut yang menurutnya sudah satu hari dan harus diambil. Kemudian Ken Arok menguji Keris tersebut dan terakhir Keris tersebut ditusukkannya pada Mpu Gandring yang konon menurutnya tidak menepati janji (karena sarung keris itu belum selesai dibuat) selebihnya bahkan dikatakan untuk menguji kemampuan keris tersebut melawan kekuatan supranatural si pembuat keris (yang justru disimpan dalam keris itu untuk menambah kemampuannya). Dalam keadaan sekarat, Mpu Gandring mengeluarkan kutukan bahwa Keris tersebut akan meminta korban nyawa  tujuh keturunan dari  Ken Arok, termasuk Ken Arok sendiri. Dalam perjalanannya, keris ini terlibat dalam perselisihan dan pembunuhan elit kerajaan Singhasari. Setelah memakan korban terakhirnya, Keris Mpu Gandring hilang tidak diketahui rimbanya.

Tidak ada komentar: